<p>Gerai ritel perkakas PT Ace Hardware Tbk (ACES) / Acehardware.co,id</p>
Korporasi

Rebranding Merek jadi AZKO, Laba ACES Tergerus 30 Persen

  • Penurunan laba sudah diperkirakan sebelumnya, seiring dengan naiknya beban operasional akibat percepatan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri yang tahun ini jatuh di kuartal I, serta meningkatnya biaya promosi untuk mendukung rebranding merek AZKO.

Korporasi

Ananda Astri Dianka

JAKARTA - PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) mengumumkan penurunan laba bersih sedalam 30,86% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp141,6 miliar per kuartal I-2024 dari sebelumnya Rp204,81 miliar.

Penurunan ini sudah diperkirakan sebelumnya, seiring dengan naiknya beban operasional akibat percepatan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri yang tahun ini jatuh di Kuartal I, serta meningkatnya biaya promosi untuk mendukung rebranding merek AZKO.

Mengutip laporan keuangan kuartal I-2025 perseroan, ACES di periode yang sama berhasil menaikkan penjualan sebesar 7,2% secara tahunan menjadi Rp2,14 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh peluncuran merek AZKO, meningkatnya aktivitas belanja selama Ramadan dan Lebaran, serta kinerja solid dari pertumbuhan penjualan toko sejenis (Same Store Sales Growth/SSSG) yang mencapai 2,2%.

Rinciannya, penjualan ACES berasal dari segmen perbaikan rumah tercatat Rp1,1 triliun, naik sedikit dari Rp1,04 triliun. Lalu, penjualan dari produk gaya hidup tercatat meningkat dari Rp840,34 miliar menjadi Rp929,72 miliar. Sedangkan segmen produk permainan mencapai Rp71,99 miliar, turun dari Rp72 miliar.

Liabilitas Ikut Naik

ACES melaporkan total aset sebesar Rp 8,44 triliun di kuartal I-2025, meningkat dari posisi akhir Desember 2024 sebesar Rp 8,19 triliun. Total liabilitas perusahaan juga tercatat naik menjadi Rp 1,79 triliun pada kuartal I-2025, dari Rp 1,67 triliun per akhir tahun 2024. Sementara, ekuitas perusahaan pada kuartal I-2025 mencapai Rp 6,65 triliun, meningkat dari posisi Rp 6,51 triliun di akhir 31 Desember 2024.

Perusahaan juga mencatatkan total saldo kas dan setara kas pada akhir periode kuartal I-2025 sebesar Rp 1,82 triliun, menurun dari posisi yang sama tahun sebelumnya Rp 2,23 triliun.

ACES telah menyiapkan berbagai inisiatif strategis untuk sisa tahun 2025 guna memperkuat kapabilitas operasional dan memperluas dampak bisnis serta sosial.

Untuk mendukung rencana ekspansi, perusahaan menetapkan belanja modal (capital expenditure/CapEx) tahun ini sebesar Rp250–300 miliar. Hingga akhir Maret 2025, realisasi CapEx tercatat sebesar Rp43,55 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk membuka 25–30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta mengembangkan konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan.