Akses Belanja di Tokopedia Gratis Tanpa Kuota Selama Ramadan

  • Platform belanja online Tokopedia melakukan kerja sama dengan sejumlah operator seluler, yakni Telkomsel, XL Axiata, dan Hutchison Tri (3) untuk memberikan layanan akses tanpa memakan biaya internet selama bulan Ramadan.

<p>Tokopedia spesial Ramadan. / Facebook @tokopedia</p>

Tokopedia spesial Ramadan. / Facebook @tokopedia

(Istimewa)

Platform belanja online Tokopedia melakukan kerja sama dengan sejumlah operator seluler, yakni Telkomsel, XL Axiata, dan Hutchison Tri (3) untuk memberikan layanan akses tanpa memakan biaya internet selama bulan Ramadan.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan inisiatif ini dilakukan demi memberikan kemudahan akses kepada para pengguna Tokopedia, khususnya selama masa Ramadan dan pandemi COVID-19.

“Melalui inisiatif ini, masyarakat dari seluruh kalangan, bahkan yang tidak memiliki kuota internet, bisa merasakan kemudahan bertransaksi online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya di bulan Ramadan, sekaligus meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai selama pandemi berlangsung,” kata dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 18 Mei 2020.

Agar dapat mengakses e-commerce ini secara cuma-cuma, pengguna hanya perlu mengunjungi masing-masing laman resmi operator seluler untuk melakukan redeem bebas akses. Informasi lebih lengkapnya dapat dibaca di tkp.me/bebaskuota.

Melalui layanan ini, tambah Nuraini, pengguna dapat memperoleh layanan tambahan lain, yakni bebas ongkos kirim alias gratis biaya pengiriman atau kampanye Peduli Sehat dan Belanja Kebutuhan Ramadan.

Selain untuk pembeli, kesempatan bebas biaya internet pun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah atau ingin menciptakan peluang secara online. Hal itu mengingat bisnis daring dapat memastikan para pelaku bisnis lokal tetap beroperasi dan terus menyokong perekonomian nasional di tengah pandemi.

“Tokopedia berharap, setiap inisiatif yang kami lakukan bersama para mitra strategis seperti ini bisa memungkinkan seluruh pihak terus berkontribusi di garda masing-masing untuk memerangi COVID-19 dan bersama-sama #JagaEkonomiIndonesia,” ujar dia.

Pengguna Tokopedia Salam

Sementara itu, pengguna Tokopedia Salam mencatat peningkatan cukup signifikan selama Ramadan 2020. Head of Tokopedia Salam Garri Juanda mengungkapkan bahwa fitur zakat maal dan fitrah meningkat tiga kali lipat selama periode Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai mitra amanah untuk mempermudah masyarakat memanfaatkan fitur zakat fitrah, zakat maal, kotak amal, alquran digital, jadwal salat, dan banyak lainnya melalui ekosistem Tokopedia Salam. Rangkaian inisiatif ini menjadi fokus Tokopedia Salam demi menunjang kegiatan ibadah dan berbagi selama bulan Ramadan,” kata dia secara terpisah.

Tokopedia juga bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) untuk mempermudah masyarakat dapat menemukan jutaan produk bersertifikat halal secara lengkap, mudah, dan amanah.

Selain itu, antusiasme masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan Tokopedia Salam untuk beribadah meningkat signifikan, salah satunya terlihat dari peningkatan pemakaian fitur Alquran digital.

“Kunjungan pada fitur Alquran digital, misalnya, mengalami kenaikan menjadi lebih dari tiga kali lipat selama periode Ramadan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Selain itu, masyarakat cenderung meluangkan waktu untuk membaca Alquran digital pada waktu subuh, zuhur, dan magrib,” terang Garri.

Sebelumnya, Tokopedia Salam merupakan aplikasi yang mempermudah masyarakat dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari dengan berbagai pilihan produk dan layanan mengalami. Aplikasi ini diluncurkan pada November silam demi memenuhi 80% dari pengguna Tokopedia yang memiliki kebutuhan untuk membeli makanan berlabel halal dan 85% pengguna Tokopedia yang memiliki kebutuhan berbelanja fesyen muslim. (SKO)