Industri

CIMB Niaga Mulai Sesuaikan Jam Operasional Kantor Cabang

  • JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) melakukan penyesuaian jam layanan kantor cabang di seluruh Indonesia mulai pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Keputusan tersebut merupakan respons dari kebijakan pemerintah yang memberlakukan new normal. Terkait dengan aturan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja perkantoran dan industri, pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020. Direktur […]

JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) melakukan penyesuaian jam layanan kantor cabang di seluruh Indonesia mulai pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

Keputusan tersebut merupakan respons dari kebijakan pemerintah yang memberlakukan new normal. Terkait dengan aturan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja perkantoran dan industri, pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, perusahaannya terus berkomitmen untuk melayani nasabah dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Bagi kami, kesehatan nasabah dan karyawan merupakan prioritas utama. Oleh sebab itu, kami terus melakukan upaya pencegahan secara menyeluruh,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Tren Asia, Rabu, 10 Juni 2020.

Adapun sejumlah upaya pencegahan tersebut, meliputi disinfeksi gedung-gedung dan kantor cabang CIMB Niaga, mewajibkan seluruh karyawan dan nasbah untuk menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, dan menerapkan physical distancing minimal satu meter.

Di samping itu, dalam meminimalisasi penyebaran COVID-19, Lani mengungkapkan, CIMB Niaga menyediakan layanan perbankan digital bagi nasabah. Layanan tersebut, ungkapnya, dapat menjadi alternatif solusi untuk mengurangi kontak secara langsung.

Ia menyebutkan, layanan perbankan digital dari CIMB Niaga, yakni OCTO Mobile, CIMB Cliks, dan Phone Banking 14041. “Nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang,” tuturnya.

Layanan digital tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka rekening baru, berinvestasi dengan membuka rekening reksa dana, deposito, mengajukan kredit tanpa agunan (KTA), hingga melakukan transfer dengan limit mencapai Rp500 juta per hari.

Di samping itu, layanan internet banking juga disediakan khusus bagi nasabah korporasi, yakni BizChannel@CIMB dan mobile banking BizChannel@CIMB Mobile. Para pelaku bisnis dapat menggunakannya untuk mengelola transaksi di mana dan kapan saja.

CIMB Niaga juga senantiasa mendukung bisnis anak perusahaannya, yakni CIMB Niaga Finance untuk tetap berekspansi meski di tengah pandemi. Sebagai informasi, pada kuartal I-2020 CIMB Niaga Finance berhasil membukukan aset sebesar Rp4,3 triliun, melonjak 64% dari periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp2,6 triliun.

Selain itu,  laba sebelum pajak atau profit before tax (PBT) CIMB Niaga Finance juga meningkat menjadi Rp91,9 miliar per 31 Maret 2020, naik 33% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp69,2 miliar.

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman mengungkapkan, pihaknya akan terus mengembangkan perusahaan dengan memanfaatkan dukungan teknologi.

Belum lama ini, pihaknya meluncurkan aplikasi CNAF Mobile yang dapat digunakan untuk memudahkan calon debitur dalam mengajukan pembiayaan melalui smartphone. CNAF Mobile tersebut dapat memberikan persetujuan pembiayaan secara instan dalam waktu 1 menit kepada calon debitur, dengan menggunakan KTP dan NPWP. Ristiawan menuturkan, di tengah pandemi COVID-19 ini, aplikasi digital bisa menjadi solusi bagi calon debitur untuk tetap produktif walaupun berada di rumah.