Lebaran 2025: BNI Siapkan Rp21 Triliun, Fokus Distribusi Tunai ke Jalur Mudik Ini
- Nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 214 ribu BNI Agen46 di seluruh Indonesia serta layanan perbankan digital melalui aplikasi wondr by BNI, yang kini telah memiliki 6,4 juta pengguna hingga akhir Februari 2025.

Idham Nur Indrajaya
Author


JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah mengalokasikan dana tunai sebesar Rp21 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat selama periode Lebaran 2025. Kesiapan ini berlaku mulai 21 Maret hingga 3 April 2025, memastikan layanan perbankan tetap aman dan lancar sepanjang musim libur Idulfitri.
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa meskipun tren penggunaan layanan digital terus meningkat, kebutuhan uang tunai selama Lebaran masih cukup tinggi dibandingkan hari biasa. Oleh karena itu, BNI tetap menyediakan dana tunai dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan nasabah.
- Inilah Tiga Perusahaan yang Diduga Curangi MinyaKita, Bareskrim Polri Lakukan Penyelidikan
- Plus Minus Jika BUMN Ambil Alih Operasional Sritex
- Utang Pemerintah per Januari 2025 Tembus Rp8.909,14 Triliun, Rasio terhadap PDB 39,6 Persen
"Seiring dengan peralihan transaksi ke kanal digital, alokasi uang tunai memang lebih rendah dibanding tahun lalu. Namun, kami tetap memastikan ketersediaan uang tunai untuk mendukung kebutuhan masyarakat selama periode libur Lebaran," ujar Okki dalam keterangan resmi kepada awak media, Selasa, 11 Maret 2025.
BNI mencatat pertumbuhan transaksi digital yang signifikan melalui BNI Mobile Banking dan platform wondr by BNI. Pada Januari 2025, nominal transaksi digital meningkat 36,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy), sementara frekuensi transaksinya juga melonjak 35,4%. Pada Lebaran tahun sebelumnya, transaksi digital tercatat tumbuh sebesar 29% dibandingkan Januari 2025.
Layanan Perbankan Tetap Beroperasi Selama Lebaran
Untuk memastikan kemudahan akses layanan perbankan bagi nasabah, BNI akan mengoperasikan rata-rata 31 kantor cabang dengan layanan terbatas selama 28 Maret – 7 April 2025. Cabang-cabang ini akan melayani transaksi penting seperti:
- Setoran dan penarikan tunai (maksimum Rp25 juta untuk rekening BNI)
- Pemindahan dana antar rekening BNI
- Setoran BBM Pertamina
- Pembukaan rekening baru
- Proses akad kredit (khusus H-2 sebelum Lebaran, yaitu 28 Maret 2025)
Selain itu, BNI menghadirkan Layanan Gerak BNI (O-Branch) di 16 titik strategis, termasuk jalur mudik, kawasan wisata, dan pusat keramaian lainnya. Nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 214 ribu BNI Agen46 di seluruh Indonesia serta layanan perbankan digital melalui aplikasi wondr by BNI, yang kini telah memiliki 6,4 juta pengguna hingga akhir Februari 2025.
- LQ45 Hari Ini Dibuka Naik, BBRI dan SMGR Top Gainers
- LokLok, LK21 dan IDLIX Ilegal, Berikut Situs Nonton Film Legal
- JP Morgan Naikkan Rating GOTO, Soroti Potensi THR bagi Pengemudi Ojol
Distribusi Uang Tunai Fokus di Pulau Jawa
Dalam upaya memastikan ketersediaan uang tunai yang optimal, BNI mengalokasikan dana tunai secara bertahap sesuai pola pergerakan masyarakat selama Lebaran. Pada awal periode, pengisian uang tunai difokuskan di kota-kota besar seperti Jabodetabek. Namun, setelah H-2 Lebaran, distribusi dana akan bergeser ke daerah-daerah tujuan mudik di berbagai wilayah di Indonesia.
Dengan strategi ini, BNI memastikan layanan perbankan tetap berjalan optimal selama musim mudik, sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi dengan nyaman dan aman sepanjang perayaan Idul Fitri.

Amirudin Zuhri
Editor
