<p>Suasana bongkar muat barang di Terminal Petikemas Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Sambut New Normal, Pelindo Terapkan Layanan Digital

  • PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) (Pelindo I) bakal mengoptimalkan teknologi digital dalam skenario menghadapi kenormalan baru. Direktur SDM Pelindo I, M Hamied Wijaya mengatakan skenario tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara. “Layanan digital sebetulnya sudah diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo I, yang didesain […]

Industri

Khoirul Anam

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) (Pelindo I) bakal mengoptimalkan teknologi digital dalam skenario menghadapi kenormalan baru. Direktur SDM Pelindo I, M Hamied Wijaya mengatakan skenario tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

“Layanan digital sebetulnya sudah diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo I, yang didesain khusus bagi para pengguna jasa yang dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja,” kata Hamied pada Kamis lalu.

Hamied menyebutkan, layanan digitalisasi dapat memudahkan para pengguna jasa Pelindo I. Melalui Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui portal igateway.pelindo1.co.id, pengguna dapat melakukan pengajuan pelayanan di lingkungan Pelindo I.

“Pengajuan pelayanan di lingkungan Pelindo I bisa menggunakan IIGMT yang dapat diakses melalui web portal https://igateway.pelindo1.co.id yang bisa digunakan untuk di setiap cabang pelabuhannya dan Container Terminal Operating System (CTOS) yang digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, baik untuk layanan domestik maupun internasional,” tambah Hamied

Selain itu, Hamied juga mengungkapkan, Pelindo I  telah menerapkan sistem e-berthing di Pelabuhan Tanjungpinang. Sistem tersebut dapat  digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online, yang diajukan oleh perusahaan pelayaran. Adapun layanan tersebut sudah diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo I yang didesain khusus bagi para pengguna jasa.

“Pelindo I juga menyiapkan skenario new normal untuk menyesuaikan pola hidup baru di tengah pandemi COVID-19, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas. Penyiapan skenario new normal di lingkungan Pelindo I seperti di Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau akan menyesuaikan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah daerah setempat,” ucap Hamied.