
Sambut New Normal, Pelindo Terapkan Layanan Digital
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) (Pelindo I) bakal mengoptimalkan teknologi digital dalam skenario menghadapi kenormalan baru. Direktur SDM Pelindo I, M Hamied Wijaya mengatakan skenario tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara. “Layanan digital sebetulnya sudah diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo I, yang didesain […]
Industri
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) (Pelindo I) bakal mengoptimalkan teknologi digital dalam skenario menghadapi kenormalan baru. Direktur SDM Pelindo I, M Hamied Wijaya mengatakan skenario tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.
“Layanan digital sebetulnya sudah diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo I, yang didesain khusus bagi para pengguna jasa yang dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja,” kata Hamied pada Kamis lalu.
Hamied menyebutkan, layanan digitalisasi dapat memudahkan para pengguna jasa Pelindo I. Melalui Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui portal igateway.pelindo1.co.id, pengguna dapat melakukan pengajuan pelayanan di lingkungan Pelindo I.
- 11 Bank Biayai Proyek Tol Serang-Panimbang Rp6 Triliun
- PTPP Hingga Mei 2021 Raih Kontrak Baru Rp6,7 Triliun
- Rilis Rapid Fire, MNC Studios Milik Hary Tanoe Gandeng Pengembang Game Korea
- Anies Baswedan Tunggu Titah Jokowi untuk Tarik Rem Darurat hingga Lockdown
- IPO Akhir Juni 2021, Era Graharealty Dapat Kode Saham IPAC
“Pengajuan pelayanan di lingkungan Pelindo I bisa menggunakan IIGMT yang dapat diakses melalui web portal https://igateway.pelindo1.co.id yang bisa digunakan untuk di setiap cabang pelabuhannya dan Container Terminal Operating System (CTOS) yang digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, baik untuk layanan domestik maupun internasional,” tambah Hamied
Selain itu, Hamied juga mengungkapkan, Pelindo I telah menerapkan sistem e-berthing di Pelabuhan Tanjungpinang. Sistem tersebut dapat digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online, yang diajukan oleh perusahaan pelayaran. Adapun layanan tersebut sudah diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo I yang didesain khusus bagi para pengguna jasa.
“Pelindo I juga menyiapkan skenario new normal untuk menyesuaikan pola hidup baru di tengah pandemi COVID-19, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas. Penyiapan skenario new normal di lingkungan Pelindo I seperti di Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau akan menyesuaikan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah daerah setempat,” ucap Hamied.